Rabu, 14 April 2010

Langkah-langkah membuat program



Sebelum membuat program ada baiknya kita mengatur tahap-tahap yang akan dilakukan mulai dari definisi masalah hingga memelihara program yang akan di buat. Semua itu bertujuan agar kita bisa menetapkan standard, menentukan waktu pengerjaan hingga memelihara program jika di lain waktu kita ingin mengembangkan program.

Ok… untuk membuat suatu program yang kompleks programmer membutuhkan langkah-langkah di bawah ini:
1. Definisi masalah: Mengartikan masalah yang terjadi, menjaga batasan-batasan masalah yang menjadi kendala. jangan sampai program kita nantinya tidak bisa memberikan solusi yang tepat, atau malah menambah masalah lagi. karena kurangnya memahami masalah, program yang telah kita buat malah berkembang melampaui batasan. Misal yang sebelumnya adalah masalah menghitung lingkaran, sedangkan program yang kita buat selain mampu menghitung lingkaran juga bisa menghitung volume drum. Padahal sebelumnya volume drum tidak menjadi masalah. Itu bisa saja terjadi apalagi program yang akan kita bikin adalah program kompleks.

2. Analisa kebutuhan: memperkirakan semua kebutuhan yang mungkin di perlukan baik untuk medukung keperluan proses pembuatan program hingga kebutuhan saat program dijalankan.

3. Desain algoritma / membuat Rumusan Pemecahan Masalah: membuat pemecahan masalah dengan algoritma yang tepat dan efisien, bisa dengan bahasa manusia, pseudocode ataupun flowchart. Perencanaan penggunaan ruang storage seefektif mungkin.

4. Bahasa Pemrograman: Menuangkan rencana pemecahan masalah kedalam bahasa pemrograman yang telah di pilih. Program yang akan dibuat harus disesuaikan dengan end user nantinya.

5. Testing / debugging: setelah sebagian besar tahap pengkodean telah di lalui, kita harus benar-benar teliti apakah program 100% tidak ada masalah. Untuk itu kita melakukan beberapa simulasi pengguanan program yang telah kita tulis (testing). Jika ada beberapa masalah seperti unidentified declaration, run time error, kesalahan sintax, kesalahan algoritma dll, maka kita harus mencari letak kesalahan (debugging) kemudian memperbaikinya. Begitu seterusnya hingga tidak ada satu pun kesalahan dalam pengkodean.
6. Dokumentasi: didalam program yang baik harus disediakan dokumentasi supaya bisa digunakan secara terus menerus, dan mungkin nantinya bisa kita kembangkan. Dokumentasi di sini adalah merekam semua hasil input yang menjadi informasi pada saat penggunaan program kedalam database.

7. Pemeliharaan: biasanya karena kesalahan manusia/ Human error, hardware, atupun aplikasi computer lainnya, Program yang telah di terapkan tidak berjalan seperti awalnya. Maka di lakukan pemeliharaan.

Oups banyak juga ya langkah-langkah yang perlu diperhatikan untuk membuat program. Tenang … langkah di atas bukanlah mutlak hanya saja jika ingin membuat program yang kompleks kita sebaiknya merencanakan semuanya supaya kita tidak terlalu bingung. Tapi itu semua tergantung dari pengalaman kok ^_^.




Tapi bagai mana untuk yang pengalamannya sedikit, atau bahkan untuk pemula seperti saya? (penulis)
Untuk membuat program sederhana, programmer tidak perlu mengikuti ke-tujuh tahapan di atas. Ada beberapa langkah yang perlu di hilangkan (no.2, no.7, no.8).

jadi untuk membuat program sederhana diperlukan langkah:
1.Definisi masalah
2.Desain algoritma

3.Bahasa pemrograman

4.Tesing dan debugging




(informasi dari modul slide perkuliahan BSI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar