Kamis, 08 April 2010

Apa sih bahasa pemrograman itu?



Temen-temen pernah kan menggunakan komputer… apa pendapat kalian tentang mesin bernama komputer ?... canggih, cepet, pinter, ringkas, pembantu jika ada tugas membuat laporan, ato malah membosankan? Sebenarnya komputer itu adalah mesin yang memebosankan lho. . .( pada saat belum di temukannya bahasa pemrograman komputer, hehehe). ya dengan kata lain bahasa pemrograman lah yang membuat komputer menjadi mesin yang serbaguna.

Program adalah kumpulan instruksi agar komputer bisa melakukan sesuatu sesuai kebutuhan pengguna. Instruksi dalam hal ini adalah bahasa pemrograman yang di masukan kedalam memori komputer oleh programmer. Seperti halnya manusia, mereka menggunakan bahasa yang mereka mengerti untuk berinteraksi dengan sesamanya, misalkan bahasa Indonesia, inggris, perancis, jawa, batak , sunda dll. Komputerpun demikian, manusia memberi instruksi berupa kode-kode yang dimengerti mesin untuk melakukan sesuatu, dan bahasa pemrogramanpun saat ini ada bermacam2. Secara garis besar bahasa pemrograman di bagi menjadi:
1. Bahasa beraras tinggi (high-level language)
2. Bahasa beraras rendah (low-level language)

Bahasa beraras tinggi adalah bahasa yang mendekati manusia, menggunakan bahasa2 yang mudah dimengerti manusia dan biasanya menggunakan bahasa inggris. Seperti penggunaan kata IF untuk menyatakan sebuah kondisi, dan AND untuk menyatakan penyertaan. yang termasuk golongan ini adalah bahasa C, C++, Pascal, dan Basic.

Bahasa beraras rendah adalah bahasa yang berpacu pada logika mesin. Bahasa golongan ini menggunakan kode biner (0 adalah salah, dan 1 adalah benar), dan biasa digunakan pada mesin2 rakitan. Bahasa semacam ini sangat sulit di mengerti manusia, tapi mempunyai kinerja yang cepat karena tidak banyak memerlukan waktu untuk mengkonfersi bahasa manusia ke bahasa mesin. Tapi bahasa ini bergantung pada rangkaian elektronya, jadi setiap jenis mesin berbeda bahasanya dengan yang lain. Misalkan sistem instruksi yang di miliki oleh IBM PC berbeda dengan sistem operasi DOS.


(informasi dari "algoritma pemrograman menggunakan C++" penerbit andi)

2 komentar: